Puasa Sehat Dengan Essential Oil / Minyak Atsiri

by: Yosephine Vincensia

Tidak terasa sudah memasuki bulan Ramadhan di tahun 2019 ini, bagi pemeluk agama Islam seperti biasa akan menjalani ibadah puasa selama 1 bulan. Ibadah puasa tidak akan menjadikan tubuh kita lemah, malah dengan puasa yang benar akan membuat tubuh kita lebih sehat. Dengan asupan-asupan gizi yang lebih terpilih, memberi kesempatan tubuh untuk  menjalani proses detok dan menurunkan berat badan. Essential oil berasal dari tumbuhan yang dapat meningkatkan fungsi organ tubuh. Saat berpuasa essential oil akan bekerja semakin maksimal bagi tubuh kita, karena disaat tubuh lebih sedikit menerima asupan makanan tubuh akan lebih cepat menyerap minyak atsiri. Inilah beberapa tips penggunaan essential oil selama berpuasa:

 

1. Essential Oil Energy Boost Setiap Pagi.

Selama bulan puasa, bagun pagi saat sahur membutuhkan energy boost untuk mengawali hari yang panjang, ini beberapa oil yang bisa dipakai:

  • Lemon: Minyak esensial lemon sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi, selain memberikan relaksasi bagi individu sering stres dan cemasa. Selain itu, dapat membantu meningkatkansistem kekebalan tubuh yang dapat bermanfaat bagi  yang sering sakit selama berpuasa.
  •  Citrus: Citrus, secara umum, adalah pilihan yang baik karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi serotonin alami, hormon yang dirancang untuk membantu meningkatkan suasana hati dan membuat Anda merasa lebih bahagia. Bersamaan dengan ini, serotonin dapat memainkan peran penting dalam membantu meminimalkan kadar hormon stres dalam tubuh
    Ini juga telah terbukti efektif dalam merangsang pikiran.
  • Peppermint: Peppermint adalah aroma menyegarkan yang dapat memberikan manfaat signifikan ketika dimasukkan ke dalam rutinitas pagi Anda. Minyak populer ini dapat memberikan berbagai manfaat untuk meningkatkan produktivitas pagi, termasuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.
  • Rosemary: Essential oil rosemary telah terbukti meningkatkan aliran darah ke otak. Ini terutama karena minyak rosemary mengandung cineole yang diketahui memiliki efek positif pada aliran darah ke otak. Dengan demikian, ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi.
  • Thyme: Thyme adalah minyak lain yang dapat memberikan dorongan signifikan di pagi hari. Tidak hanya memberikan sistem kekebalan tubuh Anda dengan dukungan yang tepat, tetapi juga telah terbukti meningkatkan suasana hati. Selain itu, telah terbukti mengurangi stres, membuat Anda siap untuk mengambil hari santai dan berenergi.
  • Basil: Basil secara alami memberi energi dan merangsang. Bahkan, ia bekerja dengan menstimulasi kelenjar adrenal yang dapat membantu individu yang menderita kabut otak di pagi hari. Kabut otak adalah kondisi saat seseorang sulit konsentrasi, tidak fokus, mudah terdistraksi, pelupa, dan mengalami gangguan proses berpikir lain.
  • Ginger: Ketika dimasukkan ke dalam rutinitas pagi Anda, minyak atsiri jahe dapat melakukan segalanya mulai dari merangsang pikiran dan mengurangi kelelahan secara keseluruhan. Ini menjadikannya pilihan bagus untuk meningkatkan energi di pagi hari.
  • Cedawood: Minyak esensial cedarwood sangat berguna untuk menghilangkan kecemasan dan stres yang mungkin Anda alami saat bangun. Bersamaan dengan ini, ini dapat membantu mempromosikan pelepasan serotonin, yang menghasilkan peningkatan suasana hati secara keseluruhan
Baca Juga :  Essential Oil / Minyak Atsiri Yang Aman Bagi Anak Dan Bayi

Semua minyak esensial yang disebutkan di atas dapat digunakan secara topikal ketika diencerkan dengan carrier oil atau secara aromatik dan difusi. Anda dapat mencoba semua essential oil di atas secara bergiliran setiap pagi selama berpuasa.

 

2. Essential Oil Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Immune System)

Selama berpuasa, tubuh rentan terkena penyakit karena perubahan rutinitas sehari-hari. Di samping itu, kekebalan tubuh juga berhubungan erat dengan stress dan tingkat kecemasan. Untuk itu dibutuhkan essential oil yang turut membantu meredakan stress untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antivirus dan antibakteri, ini dia diantaranya:

  • Lavender: Essential Oil lavender seringkali merupakan minyak pertama yang terlintas dalam pikiran ketika orang berpikir tentang relaksasi. Lavender dapat meringankan perasaan stres dan kecemasan, meningkatkan kejernihan mental, dan membantu menjaga jadwal tidur yang sehat. Untuk membantu meringankan pikiran, sebarkan minyak esensial lavender di seluruh rumah Anda. Anda juga bisa menambahkannya ke minyak pijat, menggunakannya dalam air hangat, atau cukup menghirup langsung dari botol setiap kali Anda mulai merasa cemas.
  • Frankincense: Essential Oil Frankincense secara tradisional disediakan untuk digunakan dalam layanan keagamaan. Saat ini, sering digunakan selama kelas yoga atau retret meditasi. Ketika dihirup, minyak atsiri frankincense telah dikenal untuk mengurangi denyut jantung dan tekanan darah tinggi, yang dapat meringankan gejala stres dan kecemasan. Minyak esensial khusus ini sangat bagus untuk menyebar ke seluruh rumah ketika Anda perlu menjernihkan pikiran dan menjalani puasa sehari-hari. Untuk menggunakan bisa difusi di seluruh rumah atau oleskan sedikit di belakang telinga Anda (diencerkan dalam carrier oil) untuk menjaga aroma dekat dengan Anda.
  • Orange: Minyak atsiri orange mungkin bukan yang pertama kali muncul di benak Anda ketika memikirkan relaksasi, tetapi minyak khusus ini dikenal mengurangi perasaan stres dan kecemasan sambil meningkatkan energi.
    Selain itu, kandungan limonene yang tinggi dalam minyak ini membuatnya menjadi antioksidan yang kuat, sifat diuretik membantu menghilangkan racun dari tubuh, dan penggunaannya sebagai tonik membantu minyak ini memperkuat semua sistem tubuh. Jika Anda merasa agak sedih, difusi essential oil orange ke seluruh rumah.
  • Tea Tree: Minyak atsiri Tea Tree memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antijamur. Ketika digunakan sebagai disinfektan alami, itu dapat membunuh virus yang menyebabkan influenza dan flu biasa, bakteri yang menyebabkan infeksi  staph dan jamur yang menyebabkan kaki atlet, dan banyak lainnya. Menyebarkan minyak esensial Tea Tree di seluruh rumah Anda dapat membantu menghilangkan patogen berbahaya yang ada di udara. Mencampur dengan minyak pembawa dan menambahkan setetes ke luka kecil dapat membantu mengurangi kemungkinan infeksi Anda sambil menambahkannya ke semprotan desinfektan buatan sendiri dapat menjaga permukaan rumah Anda bebas dari virus dan bakteri berbahaya. Untuk membuat semprotan desinfektan Anda sendiri, tambahkan air dan cuka putih dengan jumlah yang sama ke dalam botol semprot, dan tambahkan 10-15 tetes minyak esensial pohon teh. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan campuran minyak esensial antimikroba lainnya. Anda kemudian dapat menggunakan semprotan ini untuk membersihkan permukaan di dapur dan kamar mandi Anda.
  • Cinnamon, Lemon, Eucalyptus, Peppermint, Clove Bud, dan Rosemary:  Minyak Atsiri Antimikroba, ketika orang mencari untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, kemungkinan karena mereka berusaha menghindari sakit. Untuk ini, ada berbagai minyak esensial dengan sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus yang dapat membantu membunuh infeksi yang sudah ada dan memberantas patogen berbahaya dari rumah.
    Ketika dicampur dengan carier oil, minyak atsiri antimikroba dapat dengan lembut digosokkan ke luka kecil untuk mengurangi kemungkinan infeksi. Minyak atsiri ini juga dapat ditambahkan ke semprotan desinfektan alami dan disebarkan ke seluruh rumah untuk mendisinfeksi udara.
Baca Juga :  Essential Oil / Minyak Atsiri Untuk Ibu Hamil (BUMIL) Dan Yang Harus Dihindari

Untuk blend oil, bisa menggunakan Thieves dari Young living yaitu campuran dari: Clove Bud, Cinnamon, Eucalyptus, Rosemary dan Lemon.

 

3. Essential Oil Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur.

Selama berpuasa, kualitas tidur atau tidur yang cukup sangat penting. Harus bangun lebih pagi dari biasanya, otomatis harus tidur lebih awal. Beberapa essential oil yang dapat membantu kamu tidur nyenyak adalah:

  • Lavender: Selain membuat relaksasi, lavender telah banyak dipelajari untuk efek positifnya pada tidur. Dalam sebuah studi tahun 2005, efek lavender diuji pada kualitas tidur 31 anak muda yang sehat selama tiga malam.
    Peserta terkena minyak lavender atau air. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang menghirup minyak lavender melaporkan kekuatan yang lebih tinggi keesokan paginya, menunjukkan kualitas tidur yang lebih tinggi. 4
    Untuk menggunakan minyak esensial lavender, sebarkan ke seluruh ruangan Anda sekitar 15 menit sebelum tidur. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes ke dalam bak mandi sebelum tidur atau bercampur dengan air dan semprotkan seprei dan sarung bantal Anda.
  • Clary Sage: Minyak esensial Clary sage dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi stres dan mengurangi perasaan cemas. Seringkali kurang tidur dikaitkan dengan sejumlah emosi negatif dan melepaskan emosi-emosi ini dapat memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur yang Anda butuhkan. Untuk menggunakan minyak esensial clary sage, difusi ke seluruh ruangan Anda, tambahkan minyak pijat buatan sendiri, atau tambahkan beberapa tetes ke dalam bak mandi yang menenangkan sebelum Anda tidur.
  • Roman chamomile:  RomanChamomile telah digunakan sejak zaman kuno untuk sifatnya yang membantu tidur dan menghilangkan stres. Ketika Anda memikirkan teh malam hari tradisional, chamomile sering menjadi bahan pertama yang terlintas dalam pikiran.
    Chamomile secara luas dianggap sebagai obat penenang ringan dan dapat membantu individu yang berjuang untuk tertidur atau tetap tidur. Ini juga merupakan minyak yang luar biasa untuk digunakan saat Anda perlu mengurangi perasaan stres dan kecemasan. Untuk mendapatkan manfaat dari minyak esensial chamomile Romawi, sebarkan beberapa tetes ke seluruh ruangan Anda tepat sebelum Anda tidur.

Untuk blend oil bisa menggunakan Peace & Calming dan Stress Away dari Young Living.

Baca Juga :  Minyak Atsiri dalam Sejarah Alkitab

 

4. Essential Oil Untuk Masalah Pencernaan.

Pencernaan menjadi salah satu masalah utama dalam menjalankan ibadah puasa, apalagi tubuh tidak mendapat asupan makanan dalam jangka waktu yang cukup lama. Essential oil untuk masalah pencernaan bisa anda baca di sini.

 

5. Essential Oil Untuk Mencegah Bau Mulut.

Bau mulut selama menjalankan puasa adalah hal yang umum. Bau mulut bisa karena mulut tidak mendapat asupan makanan, atau bisa juga karena ada masalah dengan pencernaan, candida, ragi, atau masalah kesehatan lainnya. Essential oil untuk pencegahan bau mulut bisa anda baca di sini.

 

Semoga bahasan kami bermanfaat dan bisa membantu selama menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah.

 

Untuk Pemesanan Oil di Atas dan Join Member Silahkan Klik Link dibawah Ini

WHATSAPP  VIEW PRODUCT